Jumat, 11 Mei 2012

Panas Bumi


Energi Panas Bumi

Energi panas bumi di dekat tanaman Reykjavik. Iceland memilik jumlah energi panas bumi yang cukup banyak.
Energi Geo (Bumi) thermal (panas) berarti memanfaatkan panas dari dalam bumi. Inti planet kita sangat panas- estimasi saat ini adalah,500 celcius (9,932 F)- jadi tidak mengherankan jika tiga meter teratas permukaan bumi tetap konstan mendekati 10-16 Celcius (50-60 F) setiap tahun. Berkat berbagai macam proses geologi, pada beberapa tempat temperatur yang lebih tinggi dapat ditemukan di beberapa tempat.
Menempatkan panas untuk bekerja
Dimana sumber air panas geothermal dekat permukaan, air panas itu dapat langsung dipipakan ke tempat yang membutuhkan panas. Ini adalah salah satu cara geothermal digunakan untuk air panas, menghangatkan rumah, untuk menghangatkan rumah kaca dan bahkan mencairkan salju di jalan.
Bahkan di tempat dimana penyimpanan panas bumi tidak mudah diakses, pompa pemanas tanah dapat membahwa kehangatan ke permukaan dan kedalam gedung. Cara ini bekerja dimana saja karena temparatur di bawah tanah tetap konstan selama tahunan. Sistem yang sama dapat digunakan untuk menghangatkan gedung di musim dingin dan mendinginkan gedung di musim panas.
Pembangkit listrik
Pembangkit Listrik tenaga geothermal menggunakan sumur dengan kedalaman sampai 1.5 KM atau lebih untuk mencapai cadangan panas bumi yang sangat panas. Beberapa pembangkit listrik  ini menggunakan panas dari cadangan untuk secara langsung menggerakan turbin. Yang lainnya memompa air panas bertekanan tinggi ke dalam tangki bertekanan rendah. Hal ini menyebabkan "kilatan panas" yang digunakan untuk menjalankan generator turbin. Pembangkit listrik paling baru menggunakan air panas dari tanah untuk memanaskan cairan lain, seperti isobutene, yang dipanaskan pada temperatur rendah yang lebih rendah dari air. Ketika cairan ini menguap dan mengembang, maka cairan ini akan menggerakan turbin generator.
Keuntungan Tenaga Panas Bumi
Pembangkit listrik tenaga Panas Bumi  hampir tidak menimpulkan polusi atau emisi gas rumah kaca. Tenaga ini juga tidak berisik dan dapat diandalkan. Pembangkit listik tenaga geothermal menghasilkan listrik sekitar 90%, dibandingkan 65-75 persen pembangkit listrik berbahan bakar fosil.
Sayangnya, bahkan di banyak negara dengan cadangan panas bumi melimpah, sumber energi terbarukan yang telah terbukti ini tidak dimanfaatkan secara besar-besaran.

2 komentar:

yashinta salsabella mengatakan...

artikel ini cukup menarik...
energi panas bumi yang dijelaskan pada artikel ini memberi kita pengertian bahwa panas bumi yang panas memiliki manfaat yang sangat besar pula namun kita kurang mengelola dengan baik. sepert yang dikatakan pada artikel ini bahkan di berbagai negara dengan cadangan panas bumi melimpah, sumber energi terbarukan yang telah terbukti ini tidak dimanfaatkan secara besar-besaran

Jihan Nia Shohaya mengatakan...

alhamdulillah saya dapat ilmu tambahan lagi,,,tentang energi panas bumi. cuma nambahi aja....energi panas bumi ini terdapat juga keuntungan dan kekurangannya yaitu:

Beberapa keuntungan Energi Panas Bumi:
- Sumber energi terbarukan yang tidak memerlukan bahan bakar untuk menghasilkan listrik.
- Emisi yang dihasilkan oleh energi panas bumi sangat rendah, atau dapat diabaikan, dibandingkan dengan emisi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil
- Temperatur inti panas bumi konstan sepanjang tahun, sehingga ketersediaannya tidak dipengaruhi iklim.
- Berlimpah dan tidak akan habis.
- Pembangkit tidak memerlukan lahan yang luas, seperti energi air yang harus membangun bendungan, dan langsung dibangun di atas sumber energi panas bumi.

Kekurangan Energi Panas Bumi

Terdapat dampak negatif terhadap lingkungan, terutama polusi udara dan air, a.l:
- Fluida (cairan) yang diambil dari kedalaman bumi membawa campuran gas, seperti karbon dioksida (CO2), hidrogen sulfida (H2S), metana (CH4) dan amonia (NH3).
- Air panas dari sumber panas bumi secara terus-menerus akan menimbun/memunculkan jejak bahan kimia beracun seperti merkuri, arsenik, boron, antimon, dan garam.

Namun, ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu: sebagian besar pembangkit listrik panas bumi menggunakan sistem “scrubber” untuk membersihkan udara dari hidrogen sulfida yang secara alami ditemukan dalam uap dan air panas.

Poskan Komentar